|

Kamis, 18 April 2013

Kintamani dan Global Geopark pertama diIndonesai

Kintamani merupakan kawasan pegunungan yang ada di-Bali dengan kawah Gunung Batur dan danau Batur serta airpanasnya menjadi daya tarik tersendiri.selain itu,alamnya yang alami  menjadi nilai lebih untuk memikat para wisatawan.

Dikawasan Gunung Batur ini terdapat  kurang lebih 6 desa kuno yang sering disebut desa Bali Age,yang kelompok masyarakat Bali Age ini mempunyai budaya,bentuk rumah,serta gaya hidup yang unik.
Kawasan kintamani ini sendiri terdiri atas beberapa desa yaitu :
desa Kedisan,Buahan,Abang,Trunyan,Songan,Batur selatan,Batur tengah,Batur utara,Sukawana dan desa Kintamani,dengan total luas lahan 160Km persegi.13 tahun yang lalu data dari daerah kependudukan bali tercatat jumlah penduduk kawasan ini sekitar 15ribu orang,yang sebagian besar bermata pencarian Petani,Pedagang & pekerjaan yang berkaitan dengan industri pariwisata.
Menurut catatan badan meteorogy dan geofisika,gunung Batur pernah mengalami letusan sebanyak 26 kali sejak tahun  1804,yang terdahsyat pada tahun 1926,terakhir kali meletus pada tahun 2000 dan gunung inipun masih tercatat sebagai gunung aktif sampai saat ini.
kalau kita coba turun kearah danau Gunung Batur ini,disepanjang jalannya kita akan disuguhkan pemandangan bebatuan sisa letusan gunung berapi tersebut.

yang menjadi kebangaan masyarakat bali khususnya dan Indonesia umumnya adalah pada bulan Septembar  tahun 2012 ,UNESCO mengakui bahwa gunung Batur merupakan Global Geopark dan yang pertama diIndonesai.

Sedangkan Danau Batur merupakan danau terbesar diBali yang berfungi sebagai sumber pengairan bagi para penatani sekitar dan masyarakt Bali pada umumnya.

By Unknown with No comments